Jumat, 29 Januari 2016

Jenis2 atau Morph2 Leopard Gecko

reptilesforus.com
Pada postingan kali ini gue akan jelasin apa aja jenis2 atau morph2 dari Si Leopard Gecko (hewan piaraan gue di rumah) yang sudah gue janjikan di postingan sebelumnya. Oke deh, langsung aja, here they are:

1. Tangerine
Tangerine (“Tang”), memiliki warna dasar tubuh oranye yang berbeda dengan warna kuning terang khas yang dapat dilihat pada Leopard Gecko normal. Intensitas warna oranye dapat bervariasi dari jingga-kuning hingga ke merah2an pada beberapa spesimen. Biasanya morph jenis ini di sebut morph normal.

Tangerin
2. SHTCT/B
Super Hypo Tangerine Carrot Tail/Baldy, merupakan variasi dari Tangerine dengan deskripsi kurangnya warna totol hitam/pigmen pada tubuh Leopard Gecko yang masuk dalam kategori non-albino, walaupun beberapa tubuhnya mungkin ada sedikit totol hitam seperti pada ekornya, sedikit pada bibir dan kepalanya. Adapun "Baldy" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan Leopard Gecko yang benar-benar tidak memiliki warna hitam/pigmen di kepala nya, walaupun tidak semua "Baldy" juga Super-Hypo. Istilah Carrot Tail & Carrot Head menggambarkan posisi warna oranye pada tubuh Leopard Gecko.
SHTCT/B
3. Eclipse
Eclipse adalah morph yang memiliki sifat yang relatif baru yang hanya mempengaruhi mata saja, dan dapat dikombinasikan dengan beberapa pola. Morph ini memiliki mata hitam solid, atau merah solid dalam kasus albino strain. Beberapa contoh dari sifat ini adalah memiliki hanya separuh mata (ibarat bocor), atau setengah dari satu mata (kanan kiri beda), dan juga Snake Eyes. Tidak jelas tepatnya mengapa kondisi ini bisa terjadi. sifat ini diwariskan dalam mode resesif.
Eclipse
4. Enigma
Enigma merupakan morph dominan. Ketika mengklasifikasikan Enigma, ada beberapa sifat umum yang dimilikinya. Motif enigma cenderung bercak daripada banded dan ekor enigma hampir semua putih, dan pada saat dewasa mulai muncul bercak dan kadang-kadang berubah menjadi Speckles. Genetika Enigma sangat menarik. Sampai sekarang, belum ada  versi homozigot Enigma, sehingga saat ini sifat gen Enigma disebut sebagai sifat dominan. Sejak pertama kali di temukan, Enigma menjadi bahan pembicaraan terkait gejala genetika atau neurologis mereka atau biasa dikenal dengan istilah Enigma Syndrome. Beberapa gejala yang sering muncul, yakni Enigma sering terlihat berputar-putar membentuk lingkaran, sensivitas cahaya (selalu melihat keatas), kecenderungan mudah stress dan sulit makan.
Enigma
5. Tremper Albino
Tremper albino juga dikenal sebagai Texas Strain albino adalah Albino pertama dari tiga strain albino yang ditemukan pada tahun 1996 oleh Ron Tremper. Tremper Albino dapat berkisar dalam warna dari cokelat gelap ke kuning terang, jeruk, dan merah muda. Mata Tremper Albino cenderung menjadi warna perak dengan urat merah.
Tremper Albino
Tremper Albino
6. Bell Albino
Bell Albino (di kenal juga dengan sebutan Florida Albino) adalah Albino terakhir dari strain Albino dan ditemukan oleh Mark Bell. Bell Albino lebih mudah di bedakan dari 2 jenis lainnya. Mata Bell Albino berwarna pink terang. Motif tubuhnya cenderung memiliki bintik-bintik cokelat. Bell albino juga dapat mengeluarkan warna lavender pada tubuh mereka.
Bell Albino
Jungle Bell Abino
7. Snow
Strain snow pada Leopard Gecko ada 4 strain, yakni Mack Snow, TUG Snow, Gem Snow, dan Linebreed Snow. Mack Snow di temukan oleh John dan Amy Mack dari Reptiles by Mack. Mereka menemukan beberapa anakan yang tampak seperti "Salju" daripada anakan normal. The Urban Gecko Snow ato biasa dikenal dengan istila TUG Snow di temukan oleh Craig Stewart from The Urban Gecko. TUG Snow dihasilkan dari Selective Breeding hewan LG liar. TUG Snow merupakan gen snow yang tidak menghasilkan warna kuning. TUG Snow juga termasuk gen dominan. Gem Snow adalah salah satu dari empat jenis snow. Gem snow awalnya ditemukan oleh Jim Holler dari Gems Reptilian. Sama seperti tiga jenis lainnya, mereka menetas dengan pola tubuh hitam dan putih, terlihat Ketika mereka beranjak tua, pola akan mengalami perpecahan. Line Breed Snow adalah jenis morph yang telah mengalami proses line breed untuk menghasilkan Snow dengan warna hitam dan putih.
Mack Snow Baby
Mack Snow
8. Blizzard
Morph Blizzard, ditemukan oleh Jay Villa dari Prehistoric Pets pada tahun 1995, sangat mirip dengan Murphy Patternless. Seperti Murphy Patternless, Blizzard adalah morph resesif sederhana. Sebagai anakan, Blizzard benar-benar tidak berpola dan warna mereka akan bervariasi dari putih, menjadi kuning, ke ungu tua. Ketika mereka tumbuh lebih tua. Blizzard yang memiliki warna gelap biasanya dipasarkan sebagai Midnight Blizzard. Blizzard yg memiliki warna lebih kuning sering dipasarkan sebagai Banana Blizzard, Banana Blizzard adalah Murphy Patternless Blizzard. Ciri lain yang tampaknya acak dari  Blizzard adalah Snake Eyes atau Solid Eyes.
Blizzard
9. Murphy Patternless (Patty)
Awalnya ditemukan oleh Pat Murphy di tahun 1991, Murphy Patternless adalah Leopard Gecko yang tidak memiliki pola. Sebagai anakan, mereka akan menetas dengan tubuh cerah diwarnai dengan tanda cokelat, abu-abu, atau cokelat acak pada tubuh. Pada usia 10 bulan, tanda-tanda akan benar-benar memudar dan warna tubuh tokek akan bervariasi antara kuning dan ungu tua.
Murphy Patternless
10. Rainwater Leopard Gecko
Rainwater atau Las Vegas albino ditemukan oleh Tim Rainwater  pada tahun 1998. Dalam perbandingan dengan dua jenis lainnya albino, rainwater cenderung memiliki warna yang lebih merah muda dan lebih ringan secara keseluruhan. Ketika mereka menetas, mereka cenderung memiliki tubuh berwarna kuning dengan banded merah muda. Dalam kelompoknya, Rainwater Albino lebih kecil dari dua jenis lainnya. Rainwater juga memiliki mata tergelap dari tiga jenis albino.
Rainwater LG
Segitu dulu aja postingan gue tentang jenis2 atau morph Leopard Gecko. Jika ada yang kurang atau salah mohon koreksinya di kolom komentar.

Terima Kasih!

Sumber: kerabatgecko.blogspot.co.id

21 komentar:

  1. Cara nyari tau data gecko dari mna ya... Gecko saya sama percis warnanya yg pling atas postingan abng... Nah data gecko saya ilng

    BalasHapus
  2. Ka mau tanya jika kita tidak tahu data awalnya bagaimana iya tuk mengetahui gecko yang kita miliki jenis apa?

    BalasHapus
  3. Iya bang klo misalnya gatau datanya atau gaada gmna?

    BalasHapus
  4. Iya bang klo misalnya gatau datanya atau gaada gmna?

    BalasHapus
  5. Maaf ka kalo data ilang..gimana cara untuk mengetahuinya ya..ka tong di bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus melalui perkawinan selektif setiap albino gecko

      Hapus
  6. Kalo Leopard gecko sunglow x shtct boleh dikawinkan atau tidak, makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal sama libe albinonya misalnya tremper x tremper klo bell x bell

      Hapus
  7. Kalo morph shtctb bisa di kawinkan dengan morph apa aja ya
    Terima kasih🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. shtctb line nya ga albino bro, bebas kawin sama morph manapun👍🏻

      Hapus
    2. gan kalo het albino(tremper)
      ama albino(tremper)itu sama atau enggak thank

      Hapus
  8. Bang saya punya tangerine female bisa d silang Ama shctc GK bang

    BalasHapus
  9. Jika rs ph radar dikawinkan dengan mse bell
    Bisa ngga

    BalasHapus
  10. Mohon pencerahannya perkawinan sunglow X tangerin , anaknya ?...

    BalasHapus
  11. tangerin X macksnow raptor jadi apa anakanya??

    BalasHapus
  12. sy mempunyai indukan gecko jantan dan betina keduanya data lengkap.
    mereka sy kawinkan dan akhirnya bertelor, dan sekarang sdh menetas menjadi anakan baby gecko.

    pertanyaan sy,,, Gmna cara memberi label data baby gecko tersebut?? karna sy bingung utk memberikan label data pada baby gecko hasil ternakan sendiri.
    mohon penjelasannya

    BalasHapus
  13. misalkan MSE het tremper x TANG het tremper ph.eclipse.. itu anaknya bisa 50% normal kan kak.

    BalasHapus
  14. Mau nanya min... Ada berapa jenis gecko albino sih ?
    Terus apa aja jenisnya

    BalasHapus