Kamis, 28 Januari 2016

Peliharaan Gue Di Rumah

buzzfeed.com
Yupz, untuk postingan kali ini gue pengen sharing tentang hewan piaraan gue yang ada dirumah. Berhubung gue pecinta wanita reptil, jadi hewan piaraan gue ya jelas reptil lah. Dan karena gue orangnya sok sibuk, jadi gue miaranya reptil yang mudah dalam perawatannya, baik dalam hal pakan maupun kebersihan dari kandang tempat reptil tersebut tinggal. Langsung aja tanpa banyak ngetik2 yang ga penting seperti ini langsung gue kenalin nama reptil yang gue pelihara. Yupz ini lah Gecko.
Apa itu Gecko?
buzzfeed.com
Gecko adalah hewan malam sejenis reptil berkaki 4 (empat) yang asalnya dari luar negeri. Luar negerinya mana setelah gue serching2 di google dan nemu di Wikipedia, si gecko ini berasal dari Pakistan, India dan Iran. Nama lengkap si gecko ini adalah Leopard Gecko. Disebut Leopard atau dalam Bahasa Indonesianya Macan Tutul sebab tubuhnya ada tutul2nya seperti macan tutul, meski ga semuanya. Ada yang stripe juga dan banyak motif2 yang lain tergantung morphnya. Nanti di next post akan gue jelasin lebih lanjut lagi tentang morph2 gecko.
pinterest.com
Kalo diliat2 nih hewan ada kerabat dengan tokek karena bentuknya memang mirip banget. Cuma kalo tokek bisa nempel ditembok sedangkan si gecko ini ga bisa, karena berkuku, beda dengan tokek yang punya semacam perekat dikakinya. Dan warnanya tubuhnya juga beda, karena masing2 punya morph2 tersendiri. Gecko juga pendiem, ga berbunyi seperti tokek, jadi cocok buat gue yang ga begitu suka keributan.

Bagaimana perawatannya?

Berdasarkan pengalaman setelah beberapa bulan memelihara Gecko, ga begitu sulit merawatnya asalkan kita tau caranya. Tinggal cari box plastik trus dikasih beberapa lubang disamping/dibagian atasnya buat bernafas atau bisa juga pake akuarium. Kasih hiding cave atau tempat persembunyian agar si gecko lebih nyaman tinggal didalamnya.
buzzfeed.com
Sekedar share aja, pertama kali gue punya itu si gecko itu sendiri masih berumur skitar 1-2 bulanan, ada 2 ekor. Pada masa ini memang harus mendapatkan perhatian ekstra, sebab tubuh gecko yang masih kecil kulitnya masih lembut, masih belum kuat untuk menempa kondisi lingkungan yang labil. CMIIW. Ga ekstra2 amat juga sih, cukup gue masukkan ke dalam wadah plastik bertutup yang sudah dilubangi beralaskan tisu.
geckotime.com
Waktu dulu gue naruhnya di dalam kamar, diatas meja. Tiap hari dikasih makan jangkrik 2-3 ekor yang kecil2. Ukurannya jangkriknya pokoknya gak sampek melebihi besar kepalanya, logikanya biar muat masuk ke dalam mulutnya, gitu. Jangan lupa disemprot dengan air bersih bagian dinding plastiknya atau dikenain pada tisu sedikit tiap 2/3hari sekali agar si gecko ga kekeringan dan bisa meminum resapan air tersebut dengan menjilatinya. Dalam 2-3hari ganti juga tisunya dengan yang baru untuk menjaga kebersihan kandang, karena dalam rentang waktu tersebut si gecko biasanya udah buang kotoran.

Untuk gecko yang sudah berumur dewasa, kira2 umur 8bln lebih, perawatannya akan lebih mudah lagi. Pengalaman gue dalam waktu 2-3hari baru dikasih makan. Karena kalau tiap hari dikasih makan pasti cuma sedikit jangkrik yang dimakan, paling cuma 1-2ekor jangkrik. Tapi kalo 2-3hari biasanya si gecko akan memakan lebih dari 5 jangkrik.
buzzfeed.com
Ngebersihin kandangnya juga mudah, tinggal ambil dan buang aja kotorannya dari dalam kandang atau saat pas memberi makan juga boleh ngebersihinnya. Kalo gue pas ngasih makan sekalian gue bersihin kandangnya. Oiya, dalam hal ini gue pake akuarium beralaskan kerikil (kerikil buat pup kucing, hehee). Jadi untuk membersihkan kotorannya lebih mudah, tinggal nunggu kering aja baru diambil trus dibuang.

Segitu aja dulu postingan gue tentang hewan piaraan gue, lain kali disambung lagi kalo ada cerita baru. Mohon koreksinya jika ada salah2 kata atau penafsiran, semua yang gue tulis berdasarkan apa yang gue tau setelah membaca2 dan belajar dari berbagai sumber.

Terima Kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar