Kamis, 17 September 2015

Karnaval di Desa Growong Lor Juwana

Animal Lover Pati
Yupz, minggu kemaren tepatnya tanggal 13 September 2015, komunitas gue Reptic beserta temen2 komunitas pecinta hewan yang lain yang ada di Kabupaten Pati ikut serta mengisi acara Kirab Budaya Bersih Desa di Desa Growong Lor, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah atau bahasa umumnya disebut Sedekah Bumi, CMIIW. Gue ga begitu tau tentang acara tersebut, yang gue tau tiap setahun sekali di Desa Growong Lor memang mengadakan acara Sedekah Bumi berupa Karnaval keliling Desa setempat (kalo ga salah).  Ngga cuma di Desa Growong Lor juga sih, tapi di berbagai desa se-Kabupaten Pati setiap setahun sekali memang ada acara yang disebut Sedekah Bumi atau dalam Bahasa Jawa sering disebut dengan singkatan "Kabumi". Cuma acaranya belum tentu sama antara satu desa dengan desa yang lain.


Apa sih Sedekah Bumi itu?


Sedekah Bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui Tanah/Bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sebenarnya sangat populer di Indonesia khususnya Pulau Jawa namun dengan berbagai versi dan cara. Selengkapnya klik disini.


Ada apa sih dalam sedekah bumi itu?


Yang pasti ada upacara penghormatan kepada leluhur setempat terlebih dahulu yang dilakukan para sesepuh setempat, baru kemudian dilanjutkan ke acara yang lain yang lebih bersifat hiburan untuk warga sekitar. CMIIW. Beda desa beda juga acaranya, kalo di Desa Growong Lor Juwana yang gue ikutin kemaren bareng temen2 gue, desa setempat mengadakan Karnaval Keliling desa tersebut. Di desa lain yang gue tau ada yang mengundang kesenian tradisional jawa yang disebut "Ketoprak" (bahasa jawa: Kethoprak). Apa itu Ketoprak, bisa klik disini. Ada juga yang mengundang kesenian tradisional lainnya semisal Kesenian Wayang, dan masih banyak lagi acara2 hiburan yang lainnya. Kalo di Desa gue sendiri paling sering mengundang kesenian tradisional Ketoprak.


Dalam acara kemaren temen2 pecinta binatang yang ikut meramaikan acara tersebut bareng gue membawa hewan2 reptil berupa ular Sanca Kembang (Python reticulatus), ular bajing (Gonyosoma oxycephalum), Sanca Bodo (Python bivittatus), King Koros (Pytas Carinatus), Iguana, Salva/Biawak (Varanus) dan hewan2 lainnya misalnya Musang, Berang2/Otter, dll.


Inilah beberapa foto2 yang berhasil gue jepret dalam acara kemaren.


1


2


3


4


5


6

Sekian dulu postingan gue kali ini, jika ada salah2 kata atau yang lainnya terkait dengan yang tersebut diatas mohon koreksinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar